Kamis, 12 Mei 2011

MAKNA BENDERA DJIMODJI



Warna Bendera Djimodji sangat erat hubungannya dengan tujuan didirikannya Seni Pencak Djimodji, yaitu Taqwa dan Hidup S3. Djimodji membentuk dan mengembalikan pribadi DIRI seseorang pada DIRInya sendiri, agar DIRI mereka benar-benar hidup dan sesuai dengan terciptanya manusia dimuka bumi ini sebagai Khalifah atas kehendak Sang Pencipta.



Warna Bendera Djimodji juga melambangkan Darah kita, sebagaimana 4 anasir atau empat unsur penyusun tubuh manusia, dan empat unsur penyusun alam semesta.



Manusia adalah lambang dari alam yang kecil (mikrokosmos) dan alam semesta sebagai lambang alam yang besar (makrokosmos).



Keempat anasir itu adalah:



1. Warna / Darah Merah sebagai lambang semangat manusia juga amarahnya manusia

2. Warna / Darah Kuning sebagai lambang karunia, harta benda dan kejayaan manusia.

3. Warna / Darah Putih sebagai lambang kemuliaan, kejujuran, kefitrahan manusia.

4. Warna / Darah Hitam sebagai lambang kesabaran, kekuatan, keabadian manusia.



Adapun di alam semesta ada empat unsur yaitu : merah sebagai lambang api, kuning sebagai lambang angin, putih sebagai lambang air dan hitam sebagai lambang tanah/bumi.



Semua unsur diatas bisa menjadi baik dan bisa menjadi buruk tergantung perilaku manusia itu sendiri. Segala nafsu dalam ajaran islam dikenal dengan istilah empat nafsu yaitu aluamah, supiyah, amarah, mutmainah.



Keberadaan nafsu tersebut bisa melalui panca indra kita, dan kekompakan dari keempat nafsu tersebut menghasilkan konsentrasi menjadi manusia yang sempurna..



Semoga dengan 4 warna Bendera Seni Pencak Djimodji, kita akan dapat lebih mendekati kesempurnaan hidup.



Amien Ya Robbal 'Alamin





Salam DJIMODJI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar