Rabu, 23 Juni 2010

Lima Nasehat Nabi SAW Untuk Ummatnya


* Dari Abu Hurairah radhiallah’anhu, dia mengatakan, aku pernah mendengar Rasulullah shalallah alaihi wa salam bersabda, “sesungguhnya dunia itu terlaknat; terlaknat semua yang ada padanya, kecuali Dzikrullah dan yang mengiringnya (berkaitan dengannya), orang yang berilmu dan orang yang belajar ilmu.”

(HR. Ibnu Majah, al-Baihaqi, at-Tirmidzi dan dia mengatakan,”Hadits Hasan.”)



** Dari al-Mustaurid, saudara Bani Fihr radhiallah’anhu, dia mengatakan, Rasulullah shalallah alaihi wa salam bersabda, “Tidaklah dunia ini dibandingkan akhirat itu melainkan ibarat seseorang di antara kalian memasukkannya jarinya ini dalam lautan-Yahya memberikan isyarat dengan jari telunjuk- maka hendaknya dia melihat apa yang dibawa kembali oleh jari itu.”

(HR. Muslim dan dishahihkan al-Albani)



*** Dari Jabir radhiallah’anhu, “bahwasannya Rasulullah shalallah alaihi wa salam lewat di pasar, beliau masuk dari salah satu dataran tinggi (di sekitar Madinah), sementara manusia berada disamping beliau, lalu beliau melewati bangkai seekor anak kambing yang memiliki telinga yang kecil. Kemudian beliau mengangkat telinganya dan bersabda, ‘siapakah diantara kalian yang ingin mendapatkan ini (membelinya) dengan satu Dirham ?’ Mereka menjawab, ‘kami tidak ingin mendapatkannya dengan apapun, apa yang bisa kami lakukan dengannya ?’ Beliau bersabda,’apakah kalian mau jika diberi (dengan gratis) ?’ mereka menjawab,’Demi Allah, seandainya pun anak kambing itu masih hidup, dia pasti cacat, karena telinganya kecil. Apalagi ketika sudah menjadi bangkai?’ maka beliau shalallah alaihi wa salam bersabda,’Demi Allah!, sesungguhnya dunia itu dalam pandangan Allah lebih hina dibandingkan bangkai anak kambing ini dalam pandangan kalian.’.”

(HR. Muslim)



**** Dari Abu ad-Darda’ radhiallah’anhu, dia mengatakan, Nabi shalallah alaihi wa salam pernah melewati tempat pembuangan sampah suatu kaum, disana terdapat bangkai seekor anak kambing, maka beliau bersabda, ‘apakah pemiliknya tidak butuh padanya?’ para sahabat berkata, ‘wahai Rasulullah, seandainya pemiliknya masih butuh padanya tentu mereka tidak akan membuangnya.’ Maka beliau bersabda,’Demi Allah, sungguh dunia ini lebih hina bagi Allah dibandingkan bangkai anak kambing ini bagi pemiliknya. Maka saya tidak (ingin) mendapatkan dunia ini membinasakan salah seorang diantara kalian’.”

(HR. al-Bazzar. Hadits ini ditakhrij dalam silsilah al-Hadits ash Shahihah, no. 3392.)


***** Dari Abu Hurairah radhiallah’anhu, dari Nabi shalallah alaihi wa salam, beliau bersabda, “Celakalah para hamba dinar, hamba dirham dan hamba pakaian bagus. Jika mereka diberi, mereka senang, jika tidak diberi mereka marah. Celaka dan merugilah ia, jika tertimpa kesulitan, maka semoga tidak ada yang membebaskan dia darinya. Keberuntungan bagi seorang hamba yang memegang tali kekang kudanya pada jalan Allah, rambutnya kusut dan kedua kakinya berdebu. … “

(HR. al-Bukhari dan dishahihkan al-Albani.)

2 komentar:

  1. Terima Kasih, ini bisa dijadikan ilmu tambah yang sangat bermanfaat buat kita semua sebagai warga djimodji.. Sekali lagi terima kasih...

    BalasHapus
  2. Thanks, mga mnjdi nseht yg bsa jdi bkal d hri mndatang... Skali lg, thanks djimodji........

    BalasHapus