Kamis, 01 Juli 2010

Khasiat ASAM KAWAK


Tanaman ini banyak terdapat didaerah dataran rendah, dan kebanyakan , asam digunakan sebagai tanaman pelindung dan banyak tumbuh ditepi ruas jalan raya.
Tanaman asam jawa yang termasuk dalam familia casesalpiniaceae ini kebanyakan dipakai sebagai pelindung dari berbagai jenis tanaman yang baru saja ditanam. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa, ternyata asam jawa memiliki kandungan asam anggur, asam apel,asam tartat, asam titrat, asam asetat dan pectin.
Berdasarkan dari hasil penelitian itulah, terungkap berbagai macam khasiat yang terkandung dalam asam jawa :
1. PENYEMBUH BISUL
Bahanya : Asam jawa sebesar telur burung puyuh, temulawak sepanjang jari telunjuk orang dewasa dan gula aren secukupnya.

Caranya : Rendam asam jawa kedalam air sampai mengambang. Cuci dan iris temulawak menjadi lima bagian. Rebus semua bahan tadi dengan 2 gelas air dan biarkan tinggal setengahnya. Minum sehari sekali sampai sembuh.
Atau

Bahanya : Asam Jawa sebesar telur burung puyuh, garam dan minyak goreng secukupnya.
Caranya : Lumatkan ketiga bahan tadi dan tempelkan pada bisul anda, insya allah dalam waktu seminggu bisul akan sembuh.

2. NYERI HAID
Bahanya : Asam jawa sebesar telur burung puyuh, temulawak dan gula aren secukupnya.

Caranya : Cuci dan iris temulawak menjadi 10 potong, tambahkan gula aren dan rebus dengan segelas air. Setelah air tinggal setengah, masukan asam jawa dan aduk sampai asamnya mengembang. Minum sehari sekali, seminggu sebelum datangnya haid.

3. GATAL ATAU BINTIK-BINTIK MERAH DITUBUH
Bahanya : Asam Jawa sebesar telur burung puyuh, temulawak dan gula aren.
Caranya : Cuci dan iris temulawak menjadi 8 potong, tambahkan gula aren secukupnya lalu rebus dengan segelas air. Setelah air tinggal setengah, campurkan asam jawaaduk terus sampai asam itu keluar sarinya. Setelah dingin, minum sehari sekali sampai sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar